Artikel

AKHIRNYA LiDAR MENEMPEL DI GADGET

Gadget dengan LiDAR scanner untuk menghasilkan model 3D (Sumber : www.apple.com).

Teknologi pengukur jarak dengan presisi tinggi akhirnya benar-benar bakal hadir di genggaman anda. Dulu orang mengenal LiDAR untuk melakukan survey 3D permukaan bumi guna mendapatkan model elevasi digital (Digital Elevation Model)  atau model permukaan bumi (Digital Surface Model) berupa permukaan bangunan dan vegetasi penutup elevasi bumi (Terrain). Untuk pemetaan model 3D permukaan bumi LiDAR dipasang pada pesawat, UAV, drone, atau wahana lainnya. Hadirnya teknologi pengukur jarak presisi pada smartphone ini tidak terlepas dari kebutuhan untuk mendapatkan kemampuan 3D mapping ruang (hingga jarak 5 meter) secara cepat dan presisi tinggi baik pada indoor atau outdoor baik dalam kondisi terang atau gelap.

New iPad Pro adalah perangkat pertama yang telah menempelkan teknologi presisi pengukur jarak ini dengan teknologi VCSEL (Vertical-Cavity Surface-Emitting Laser). Penerapan teknologi ini untuk mendukung kamera dengan presisi tinggi pada pengukuran jarak (TrueDepth Camera) guna meningkatkan kemampuan dan kualitas fitur Face ID, Animoji serta potret fitur objek dalam ruang. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan teknologi Face Recognition (FR) atau Augmented Reality (AR) melengkapi teknologi Depth Point Motion Sensor yang telah dikembangkan sebelumnya. Mengutip dari GizChina iPhone 12 seri Pro dan Pro Max juga akan dibenamkan teknologi LiDAR ini.

Apa itu LiDAR

Sebenarnya apa  itu LiDAR? LiDAR merupakan sistem penginderaan aktif (sistem yang menghasilkan dan memancarkan energi sendiri) yang menggunakan paket energy cahaya atau pancaran sinar laser untuk memetakan diskrit XYZ (X=latitude, Y=longitude, dan Z=ketinggian) dari obyek atau permukaan bumi. Keuntungan pemetaan dengan menggunakan LiDAR ini adalah dapat dilakukan dengan cepat dan efisien dengan menjangkau area yang luas, hampir bisa dilaksanakan pada berbagai kondisi cuaca, serta mampu mendeteksi obyek non logam. Dalam sistem LiDAR untuk pemetaan mencakup komponen sumber pemancar sinar laser, kamera penerima serta sensor image, Internal Measurement Unit (IMU), GPS, sudut pemindaian dan kalibrasi data untuk menghasilkan data elevasi yang detail dan rapat dalam data cloud titik XYZ. Prinsip utama dalam sistem LiDAR mengukur jarak  (distance) obyek menggunakan waktu tempuh gelombang (TF/Time of Flight). 

Distance = (Speed of Light x TF / 2) 

Model sistem LiDAR dan akuisisi data

Fungsi sistem LiDAR dirancang sesuai dengan kebutuhan survei dengan memanfaatkan variasi panjang gelombang radiasi elektromagnetik yang dihasilkan sumber aktif LiDAR. Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan LiDAR sesuai dengan panjang gelombangnya. 

Berdasarkan perbandingan pemanfaatan LiDAR untuk berbagai kepentingan tersebut, LiDAR untuk kepentingan survei pada area luas (terrestrial) cenderung menggunakan sinar dengan panjang gelombang 900-2000 nm (NIR,IR) Sedangkan LiDAR untuk kepentingan pengukuran jarak dekat mulai 0.3m, 5m, 10m hingga  200m cenderung menggunakan sinar dengan panjang gelombang 600-900 nm (NIR). 

LiDAR pada gadget.

Pemanfaatan LiDAR pada gadget tentu saja harus memperhatikan fungsi aspek teknis dan keselamatan. Sebagai alat survei LiDAR digunakan untuk mengukur jarak dan pemetaan terestrial. LiDAR saat ini makin banyak diterapkan untuk mengukur posisi objek dalam ruang yang semakin kecil (objek detil seperti face detection, perabot ruang, ruang dengan interiornya, serta kondisi outdoor). Dalam fungsi memetakan objek detil tentu membutuhkan spesifikasi LiDAR yang lebih presisi, akurat dan tidak terganggu oleh pencahayaan sinar matahari. Pemanfaatan LiDAR pada gadget seperti tablet atau smartphone perlu memperhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan mata bagi orang yang disekitarnya.  

Trend dan peluang pemanfaatan 

Teknologi LiDAR dibenamkan pada gadget untuk menghadirkan metode pengukuran jarak dekat. Vendor teknologi mengejar pemodelan 3D dalam skala detil atau ruang ergonomi. Teknologi ini sangat mendukung dalam pengembangan industri Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR). Teknologi AR, VR dan 3D pada umumnya ini akan semakin berkembang baik dengan hadirnya teknologi 5G yang memungkinkan akses internet hampir 40x lebih cepat dari 4G.

Game dan Animasi

Market share industri game tidak bisa di pandang sebelah mata di industri digital, pasar digital game bisa jadi hanya kalah dari e-commerce, ride hailing, online travel. Game-game terbaru membutuhkan visualisasi 3D yang sempurna untuk mendukung AR atau VR baik dari model objek, figur, hingga lanskap. 

Kehadiran LiDAR dalam gadget akan memudahkan para developer game untuk menghasilkan objek 3D lebih baik lagi. Rumah produksi animasi seakan dimudahkan untuk mengkreasi model 3D secara lebih cepat, akurat dan murah. 

Arsitek dan Perancangan

Kemudahan untuk membuat model 3D objek yang ada dalam ruang nyata ke dalam ruang digital akan memanjakan para arsitek dan perancang untuk membuat visualisasi guna memudahkan komunikasi dengan klien serta memudahkan menciptakan ide-ide baru yang lebih segar. Model detail terukur 3D dalam skala kawasan akan sangat membantu para urban desainer dalam merancang kota menjadi lebih baik dan berkelanjutan.

Konstruksi

Kegiatan konstruksi merupakan kegiatan yang bersifat terukur baik secara waktu, volume dan fungsi. Penyediaan model 3D pada saat tahapan-tahapan konstruksi secara cepat dan akurat sangat penting untuk menghitung kemajuan progres dari pelaksanaan pekerjaan, informasi dan pertimbangan tindakan terkait  penanganan keselamatan kesehatan kerja (K3), membandingkan antara gambar rencana dengan riil konstruksi terbangun, dan sebagai database konstruksi terkait as built. Data tersebut menjadi informasi penting dalam pekerjaan manajemen konstruksi. 

Hasil scanning laser saat konstruksi ( sumber: BIM Learning Center )

Survei dan Inspeksi

Keberadaan teknologi LiDAR yang diterapkan dalam skala gadget akan sangat membantu pekerjaan survei dan inspeksi lapangan. Pendataan menyangkut kondisi lapangan akan  sangat mudah dan komprehensif jika didukung dengan kemudahan mendapatkan model 3D ruang/lingkungan. perhitungan jarak, luas, dan volume akan semakin komprehensif dengan kelengkapan model 3D-nya. Pekerjaan inspeksi akan semakin mudah dan komprehensif sesuai kondisi lapangan. Model 3D yang dibuat pada saat di lapangan dapat digunakan sebagai dasar tindakan atas temuan yang ada di lapangan.

Pendidikan dan pelatihan

Dalam dunia pendidikan model 3D sangat penting untuk menjelaskan dan menggambarkan objek yang sulit untuk diadakan dan objek atau benda yang bersifat bahaya atau terbatas. Melalui pembuatan model 3D digital sekolah atau lembaga pendidikan dapat membuat e-Laboratorium yang bisa menggambarkan objek asline. Misalnya Model 3D yang menunjukkan bagaimana komponen mesin mobil atau mesin industri serta bagaimana hubungan antar blok mesin bekerja.  Melalui model 3D, museum digital bisa dibangun dan digandakan sebanyak-banyaknya. Dukungan teknologi AR dan VR akan membuat pembelajaran dalam dunia pendidikan dan pelatihan baik e-Laboratorium atau e-Museum menjadi menarik dan memberikan pengalamanan pembelajaran yang berbeda dibanding metode konvensional yang sudah ada.

Kota cerdas, Smart Trafic 

Smart City berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi 5G. Kota diharapkan makin ramah terhadap penghuninya, minimnya polusi, serta berkembangnya kehidupan kota yang lebih baik. Teknologi LiDAR sangat mendukung smart transportasi yang mengutamakan sisi pelayanan dan keselamatan. Autonomous Car dan mobil cerdas akan banyak makin banyak dikembangkan di masa depan. Merujuk ledinside.com pasar Automotive LiDAR sebagai bagian dari sensing driver system  tahun 2019 ditaksir hingga $127Juta. Dropper LiDAR juga akan semakin banyak digunakan untuk memantau dan mengendalikan batas kecepatan kendaraan.

Model pengembangan sensor berkemampuan tinggi pada kendaraan, dengan biaya murah (sumber : Extremetech.com

Heritage

Model 3D bagunan pada kawasan heritage akan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi terkait upaya konservasi dan pemanfaatan kawasan. Model 3D bangunan dapat digunakan untuk merekonstruksi kawasan dalam bentuk VR yang terukur secara akurat. Melalui teknologi VR, orang bisa diajak menjelajah model kawasan heritage dan merasakan pengalaman masa lalu yang berbeda dengan dunia nyata saat ini. Berikut adalah contoh gambar model 3D heritage Plaza Mayor de Almagro. 

Model 3D, Point Cloud dari Faro Focus3D Laser

Plaza Mayor de Almagro, Spanyol (sumber : Global Digital Herited)

Forensik/Investigasi kasus

Identifikasi lapangan pada saat atau sesaat setelah suatu kasus terjadi sangat penting untuk mendukung proses merekonstruksi pada saat gelar perkara oleh pihak terkait. Identifikasi harus segera dilakukan dengan lengkap, cepat dan akurat. Salah satu pendukung identifikasi kasus tersebut adalah memetakan objek fisik dan lingkungan yang ada pada saat kejadian. Data digital terukur 3D ini akan sangat bermanfaat saat tim forensik/investigasi melakukan penyelidikan kasus. Seringkali dalam sebuah kasus, kondisi fisik saat kejadian tidak bisa dipertahankan dalam waktu yang lama karena ada pertimbangan lain seperti mengganggu kepentingan umum, kondisi yang ada bisa menimbulkan bahaya baru, dan alasan lainnya. Metode Forensic Facial Reconstruction (FFR) sering digunakan untuk mengidentifikasi orang (korban) yang tidak dikenali. 3D model sangat berguna dalam proses FFR menjadi lebih cepat dan akurat. 

Sejauh mana kemampuan LiDAR yang dibenamkan dalam gadget ini akan mendorong dan melengkapi tren industri digital, layak kita tunggu dan ikuti. Tidak ada salahnya bagi anda yang selama ini menyajikan produk atau layanan yang sifatnya konvensional perlu untuk melirik bagaimana teknologi pengukur jarak presisi ini bekerja, siapa tahu bisa mentransformasi produk atau layanan anda menjadi lebih berdaya saing dan lebih diterima. Selamat bertransformasi!! (irw)

2 thoughts on “AKHIRNYA LiDAR MENEMPEL DI GADGET

  1. Artikel tentang teknologi dan gadget sungguh bermanfaat. Berbagai peluang terbuka luas karena perkembangan teknologi yang signifikan. Augmented Reality Indonesia memiliki kemampuan untuk menciptakan pengalaman visual yang interaktif dan inovatif, yang bisa menjadi elemen menarik dalam merencanakan strategi pemasaran dan bidang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *