PELATIHAN SIG LEVEL DASAR DI GELAR “GEOSPASIA LEARNING CENTER” DI SURABAYA

Peserta pelatihan SIG level dasar periode oktober 2019.

Dalam rangka melakukan edukasi dan memenuhi kebutuhan GIS (Geographic Information System /Sistem Informasi Geografi disingkat SIG) di dunia kerja, Geospasia Learning Center (GLC) melaksanakan pelatihan GIS Dasar dengan aplikasi desktop QGIS (Quantum GIS). Acara dihelat pada tanggal 28 September 2019 di Hotel Zoom Jemursari Surabaya. Acara diikuti oleh beberapa stake holder yang terkait dengan pengelolaan data spasial atau keruangan seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah dari kabupaten/kota, akademisi, lembaga konsultan, pengembang kawasan dan praktisi.

Kebutuhan kemampuan pengelolaan data spasial yang handal telah menjadi kebutuhan sejalan dengan meningkatnya dinamika perkembangan wilayah baik secara fisik, ekonomi, sosial, budaya dan kelestarian lingkungan hidup. Hampir semua bidang kehidupan pada saat ini mengalami perubahan-perubahan yang didorong oleh perkembangan ilmu dan teknologi sejalan dengan hadirnya revolusi teknologi 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi di berbagai bidang kehidupan dan integrasi antar teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber untuk menghasilkan efektifitas, efisiensi, dan keberlanjutan dalam kehidupan manusia.

Antusias peserta mengikuti pelatihan SIG yang dilaksanakan Geospasial Learning Center

Teknologi SIG telah banyak diaplikasikan dan menjadi kebutuhan di berbagai bidang guna mendukung sistem perencanaan, pengawasan, monitoring dan pemeliharaan seperti untuk pengelolaan wilayah baik kawasan pedesaan ataupun perkotaan dan utilitas pendukungnya, pengelolaan wilayah laut dan pesisir, pengelolaan kawasan pertanian dan hutan, pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup, pengelolaan aset dan properti, perangkat sistem inteligen dan pengendali, serta alat pengelolaan data lainnya yang berbasis pada kewilayahan. Perkembangan internet yang luar biasa pada saat ini dan semakin murahnya biaya internet menjadikan SIG diperkirakan akan menjadi salah satu tool pengelola kawasan yang sangat dibutuhkan dan handal sejalan dengan era digitalisasi yang ada. SIG akan menjadi tulang punggung dalam pembangunan infrastruktur kota cerdas kedepan baik menyangkut penanganan dalam pelayanan kota, penanganan permasalahan energi, penanganan dan adaptasi terhadap perubahan iklim dan urbanisasi kota serta solusi-solusi lainnya me yangkut permasalahan kota dan wilayah yang ada.

Dalam rangka turut serta berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan kehidupan yang berkelanjutan, PT. Geospasia Wahana Jaya melalui Geospasia Learning Center berkomitmen untuk terus mendukung dan turut serta dalam memenuhi kebutuhan tenaga handal dalam bidang geospasial dan adaptasi teknologi khususnya teknologi geospasial di Indonesia dalam rangka mendukung kemandirian teknologi dimasa negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *