Artikel

Drone-RTK/PPK Membuat Pemetaan Digital Makin Smart

Simbol Ground Control Point (GCP), sumber : dronedeploy.com.

Anda para operator, pilot, atau praktisi digital mapping dengan drone tidak akan asing dengan simbol gambar di atas. Bisa jadi anda menggunakan gambar atau benda lain tidak seperti di atas tetapi fungsinya adalah sama yaitu sebagai penanda lokasi dipermukaan bumi sehingga mudah diamati pada hasil foto atau video yang diambil dari drone atau UAV. Benda tersebut adalah GCP (Ground Control Point) yaitu sebuah obyek dipermukaan bumi baik yang sengaja dibuat atau benda yang sudah ada sebelumnya secara insitu yang koordinatnya sudah diketahui atau mudah dikenali yang digunakan sebagai titik referensi koordinat saat foto udara hasil pengambilan drone akan dilakukan rektifikasi. Rektifikasi adalah proses transformasi data dari sebuah sistem grid menggunakan transformasi geometrik mengacu pada sistem koordinat tertentu.

Dalam pekerjaan digital mapping menggunakan drone, penyiapan titik kontrol lapangan atau GCP ini dilaksanakan prapemotretan. GCP harus dipastikan dapat terpotret dan dikenali dengan baik pada foto hasil pemotretan. Dalam luasan tertentu tidak ada batasan berapa jumlah GCP yang harus di buat secara pasti ada yang beranggapan kira-kira tiap 3 km2, ada pula yang menggunakan model berdasar pada variasi kondisi fisiografinya ada pula yang menggunakan profesional ajustment.

Dalam pekerjaan digital mapping menggunakan drone/uav, pekerjaan terbanyak menyita waktu sebenarnya adalah pekerjaan pra pemotretan. Pekerjaan tersebut menyangkut penyiapan titik kontrol atau GCP.

Dari berbagai sumber pengembang teknologi bahwa trend yang akan datang adalah drone yang dilengkapi dengan teknologi koreksi pada GPS untuk mendapatkan hasil pemotretan dengam akurasi detil, efisien pada biaya dan cepat. Meniadakan pekerjaan pengukuran dan pemasangan GCP pada pekerjaan prapemotretan digital dengan drone diperkirakan dapat meningkatkan efisiensi hingga 75%. Teknologi yang bisa diterapkan dalam koreksi akurasi GPS tersebut adalah RTK dan PPK.

Diagram Drone-RTK (sumber gambar : Helyguy.com)

RTK (Real Time Kinematic) adalah teknologi koreksi GPS yang memungkinkan untuk melakukan koreksi data lokasi secara langsung pada saat drone melakukan pemotretan obyek dipermukaan lahan. Sedangkan PPK (Post Processed Kinematic) adalah teknologi koreksi data lokasi setelah pemotretan dilaksanakan dan data foto diupload ke cloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *